Jumat, 23 November 2012

TNI Dan UI Kembangkan Robot Kapal Tanpa Awak

Sea Ghost Project - Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini tengah bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam pngembangan kendaraan perang tanpa awak. Kali ini yang difokuskan adalah proyek kendaraan laut, yang diberi nama Sea Ghost Project. Sea Ghost merupakan robot kapal tanpa awak yang mampu dikendalikan melalui komunikasi satelit dan sensor kamera. Proyek ini ditujukan untuk memenuhi keutuhan pengintaian, penyusupan dan penyerangan.




Saat ini Sea Ghost Project telah dibuat prototipnya dan diberi nama Makara-02. Makara-02 memiliki dimensi 4,94 kaki x 2,96 kaki x 0,73 kaki. Meski belum diujicoba sebagai kapal perang sungguhan, Makara-02 sering diikut sertakan dalam perlombaan di Amerika, dengan maksud untuk memperbaiki segala kekurangan yang masih ada.

Se Ghost Project dengan Makara ini ditangani langsung oleh Tim teknik dari UI meliputi teknik perkapalan, Teknik mesin, teknik elektro, dan ilmu komputer, serta melibatkan unsur TNI pastinya. Dengan hadirnya robot kapal tanpa awak ini diharapkan bisa melengkapi kendaraan perang tanpa awak yang dipunyai TNI saat ini baru pesawat tanpa awak.



Source: vivanews
PS: Greet! SMAN 8 Tangerang

0 komentar:

Posting Komentar